Kerusakan Pompa Air Mendengung

Kali ini saya akan membahas mengenai permasalahan dari pompa air yang cukup sering terjadi, yaitu permasalahan pompa air mendengung.

Kerusakan Pompa Air Mendengung


Mendengung atau bahasa sederhananya "tidak mau berputar seperti tertahan" salah salah satu kerusakan yang sangat sering terjadi pada pompa air.

Ada beberapa penyebab seperti kerusakan bearing, kapasitor dan lemahnya gulungan dinamo. Dan berikut ini beberapa penyebab yang membuat pompa air mendengung.

1. Kerusakan bearing atau klaher
2. Kerusakan Kapasitor
3. Lemahnya dinamo
4. Kerusakan Kipas
5. Ass pompa bengkok

Dari kelima masalah diatas, kerusakan kapasitor dan bearing menjadi hal yang paling sering terjadi.

Untuk lebih dalamnya maka saya akan membahasnya satu persatu.

1. Kerusakan Bearing

Bearing adalah sebuah alat penahan putaran dari poros ass pada pompa air. Alat ini cukup penting sebagai penunjang dalam sistem perputaran rotor dinamo. Jika bearing rusak atau macet maka akan mengganggu perputaran dinamo.

Ada satu ciri paling khas jika bearing pompa sudah mulai menunjukan gejala kerusakan. Salah satunya adalah perubahan suara yang menjadi lebih kasar.



Jadi jika suara pompa air sudah mulai kasar, maka sebaiknya untuk mulai waspada dan secepat mungkin lakukanlah perbaikan. Karena jika bearing rusak atau macet, hal terburuknya adalah terbakarnya gulungan dinamo.

Ini karena beban kerja gulungan menjadi jauh lebih besar, karena disebabkan oleh beratnya putaran akibat pergesekan.

2. Kerusakan Kapasitor

Sama seperti pada elektronik lainnya, fungsi kapasitor adalah sebagai penggerak perputaran motor dinamo (mesin). Jadi, jika kapasitor rusak maka akan membuat dinamo tidak mampu berputar, ini akan menyebabkan pompa air mendengung.

Kapasitor yang rusak biasanya memiliki ciri khas seperti perubahan bentuk menjadi membengkak, atau juga mengeluarkan cairan lengket dan juga seperti hangus terbakar.



Jika pompa air dirumahmu tidak mampu berputar dan mengeluarkan suara mendengung, maka bisa jadi disebabkan oleh kerusakan kapasitor. Tidak ada salahnya kamu mengganti kapasitornya dengan yang baru.

3. Lemahnya dinamo

Untuk kerusakan dinamo biasanya disebabkan oleh dua point' diatas -- kerusakan bearing dan kapasitor, selebihnya adalah kebocoran seal yang membuat air membasahi dinamo.

Dinamo sendiri adalah gulungan kawat yang mampu menghasilkan Medan listrik sebagai pemutar poros ass. Gulungan dinamo merupakan bagian komponen pada pompa air paling penting, istilahnya adalah jantungnya.



Jika dinamo bermasalah maka dapat di pastikan pompa air tidak akan mampu bekerja seperti biasanya. Kerusakan dinamo juga sering kali menjadi penyebab dari pompa air mendengung, ini karena dinamo tidak mampu atau sudah tidak kuat lagi memutar poros ass.

Untuk permasalahan dinamo, bisa dibilang menjadi sebuah masalah yang sangat berat. Karena itu biasanya jika kita melakukan perbaikan maka membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

4. Kerusakan Kipas

Kipas yang rusak , biasanya pecah atau terlepas akan membuat putaran pompa seperti menahan dan akan menimbulkan suara mendengung.


Terutama pada bagian kipas belakang pompa air ( untuk jenis pompa yang menggunakan kipas pendingin, posisi di bagian belakang).

Ciri kipas rusak juga terkadang menimbulkan perubahan suara pada pompa menjadi lebih kasar. Ciri ini sama persis seperti pada kasus kerusakan bearing. Meskipun gejala ini tidak selalu terjadi, tapi bisa dibilang cukup sering.


5. Ass Pompa Bengkok


Rotor ada yang bengkok juga akan membuat putaran dinamo tertahan dan akan menimbulkan suara seperti mendengung. Ini karena posisi sumbu ass yang tidak tegak lurus, sehingga membuat putaran tidak rata.

Nah itu tadi beberapa penyebab kerusakan pompa air mendengung, semoga dapat bermanfaat.

Related : Kerusakan Pompa Air Mendengung