Beberapa Penyebab Yang Membuat Pompa Air Sering Mancing

Beberapa Penyebab Yang Membuat Pompa Air Sering Mancing

Dari sekian banyak keluhan pada pompa air, keluhan sering mancing merupakan yang paling sering terjadi. Keluhan seperti ini sangat merepotkan, karena anda harus selalu melakukan pemancingan dengan air sebelum menghidupkan pompa. Jika tidak dipancing maka pompa tidak akan bisa mengeluarkan air.

Sebenarnya apa saja yang membuat pompa air sering mancing ? Berikut penjelasannya.

1. Kebocoran instalasi bawah 

Jika anda sering mancing sebelum menghidupkan pompa air maka bisa saja itu karena disebabkan adanya kebocoran pada instalasi, dalam hal ini instalasi bawah atau pipa bawah tanah. Biasanya kebocoran terjadi pada sambungan pipa bawah seperti sok. Terkadang juga karena adanya pipa yang pecah.

2. Kebocoran tabung bawah

Masalah selanjutnya masih berhubungan dengan kebocoran, namun kali ini adalah kebocoran pada tabung, khususnya tabung bawah. Sebagian pompa air menggunakan tabung bawah, dan jika tabung ini bocor maka akan membuat air di dalam pompa habis, akibatnya adalah ketika pompa dihidupkan maka tidak akan bisa mengasilkan air kecuali harus di pancing terlebih dahulu.

Baca juga : Apa Saja Yang Harus Di Lakukan Ketika Pompa Air Tidak Keluar Air ? Berikut Penjelasannya

3. Tosen klep rembes

Berikutnya adalah permasalahan pada rembesnya tosen klep. Alat ini terletak di bagian pipa instalasi yang terpasang pada pipa bagian bawah tanah, fungsinya adalah untuk menahan air agar tidak turun. Jika tosen klep rusak atau rembes maka air di pompa dan instalasi akan turun sehingga anda perlu memancingnya terlebih dahulu sebelum mengoperasikan pompa air.

4. Kebocoran seal pompa

Fungsi seal hampir sama dengan tosen klep, jika tosen klep untuk menahan air agar tidak turun maka seal berfungsi sebagai penahan air pada unit pompa. Jika seal bocor maka air didalam pompa akan keluar dan habis, parahnya lagi selain membuat pompa air sering mancing kebocoran seal juga sangat berbahaya untuk gulungan dinamo. Karena bisa saja ketika seal bocor maka akan mengenai gulungan dinamo dan membuat dinamo terbakar.

Itu tadi beberapa penyebab yang membuat pompa air sering mancing, semoga artikel ini bermanfaat. Baca juga artikel lainnya seputar pompa air disini.

Related : Beberapa Penyebab Yang Membuat Pompa Air Sering Mancing