Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Nyetrum

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Nyetrum
Cara memperbaiki mesin cuci yang nyetrum
Sebelum kita masuk ke topik cara memperbaiki mesin cuci yang nyetrum sebaiknya terlebih dahulu saya jelaskan beberapa hal yang membuat mesin cuci nyetrum. Apakah mesin cuci yang nyetrum akan menimbulkan masalah ? Tentu saja.

Selain membuat kita was-was dalam menggunakannya, bukankah permasalahan ini sangat berbahaya. Masalah setrum atau listrik merupakan masalah yang tidak bisa anda kita sepelekan. Terlebih untuk mesin cuci, karena penggunaan mesin cuci pasti pada tempat-tempat area yang basah atau berair, dan tentunya tersengat listrik pada kondisi basah akan jauh lebih berbahaya dari kondisi yang kering.

Baca juga : Tips Merawat Mesin Cuci Agar Awet Puluhan Tahun

Apa saja yang membuat mesin cuci nyetrum ?

Pertama : Kondisi seal yang rusak - Seal merupakan sebuah komponen bagian mesin cuci yang berfungsi menahan air dari tabung pengering maupun pencuci ( ini untuk mesin cuci  2 tabung). Jika seal bocor maka pasti ada air yang akan rembes. Dan jika ini terjadi, terutama ketika air membasahi komponen kelistrikkan seperti dinamo, kapasitor bahkan sambungan-sambungan kabel ( jika isolasi atau pengaman kabel sudah agak terbuka ) maka akan membuat mesin cuci nyetrum.,

Kedua : Ada kabel yang terkelupas - Kabel yang kondisinya sudah tidak baik atau terkelupas maka akan beresiko membuat mesin cuci nyetrum. Kabel yang terbuka dan menyentuh body yang akan membuat setrum menjalar ke body dan inilah yang membuat mesin cuci nyetrum (terutama dalam kondisi basah )

Secara teknis dan beberapa pengalaman, biasanya hanya dua kemungkinan tersebut yang membuat mesin cuci nyetrum. Khusus untuk kabel terbuka atau terkelupas, paling sering adalah karena olah tikus yang masuk kedalam mesin cuci dan menggerogoti rangkaian kabel.

Lalu bagaimana cara memperbaiki mesin cuci yang nyetrum ? 

1. Perbaiki atau ganti seal jika seal bocor.

Seal yang rusak akan membuatnya tidak bisa menahan air sehingga akan terjadi kebocoran. Dan jika ini terjadi maka bukan tidak mungkin air akan membasahi bagian komponen elektronik dan kelistrikan mesin cuci, ini akan membuat mesin cuci nyetrum.

Langkah paling baik ketika seal rusak atau bocor adalah dengan menggantinya. Ganti seal yang rusak dengan yang baru. Jika kebocoran terjadi pada gearbox ( bagian  gearbox juga terdapat seal yang menahan air dari tabung pencuci ) maka ganti gearbox dengan yang baru.

2. Kabel terkelupas

Untuk kabel yang terkelupas anda bisa memotong bagian yang terkelupas dan menyambungnya kembali, gunakan isolasi listrik untuk menutup sambungan. sebaiknya anda membuka penutup mesin cuci bagian belakang dan atas tempat timer atau mainboard berada (untuk mainboard atau module pcb hanya terdapat pada mesin cuci 1 tabung).

Cari kabel yang terkelupas dan segera perbaiki. Jangan membiarkan kabel yang terbuka, karena ini bisa jadi sangat berbahaya. Rapih kan instalasi kabel mesin cuci dengan rapih, ini agar anda terbebas dari sengatan listrik yang bisa saja mengancam keselamatan anda dan keluarga.

3. Ketika mencuci gunakan sendal jepit atau karet

Karet yang terdapat pada sendal jepit akan membuat anda setidaknya lebih aman dari sengatan listrik. Biasakan menggunakan sandal ketika sedang mencuci pakaian di mesin cuci, terlebih jika mencuci diarea yang basah.

4. Pasang Kabel Ground

Jika mesin cuci anda nyetrum, ada baiknya memasang kabel ground untuk membuang arus listrik. Langkah ini sangat efektif agar aman dari sengatan listrik. Yang perlu anda lakukan hanyalah  memasang kabel satu helai dengan panjang disesuaikan. Pasang ujung kabel tadi kebagian mesin cuci (bebas-kalau bisa bagian sekrup body) dan pasang ujung satunya ke tembok, lantai atau tanah. Gunakan paku jika anda mau memasangnya di tembok. Jadi, pasang kabel di paku yang sudah dipasang di tembok tadi. Gunakan cara ini agar anda aman dari sengatan listrik ketika menggunakan mesin cuci.

Note : untuk semua barang elektronik yang nyetrum, maka anda juga bisa membuatkan kabel ground agar aman dari sengatan listrik

Itu tadi cara memperbaiki mesin cuci yang nyetrum, semoga dapat bermanfaat. Tetaplah berhati-hati dalam menggunakan peralatan elektronik khususnya mesin cuci di rumah anda. Bahaya sengatan listrik senantiasa mungkin terjadi, lakukan pencegahan dengan langkah-langkah yang benar.


Related : Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Nyetrum