Penyebab Apa Saja Yang Membuat Mesin Cuci 1 Tabung Tidak Bisa Membuang Air

Apa Saja Yang Membuat Mesin Cuci 1 Tabung Tidak Bisa Membuang Air

Kali ini kami akan membahas mengenai penyebab apa saja yang membuat mesin cuci 1 tabung tidak bisa membuang air. Jika dilihat dari pengalaman saya pribadi maka saya menemukan setidaknya ada 3 penyebab. Pertama adalah kerusakan motor drain, kedua karena ada benda asing yang menyumbat dan ketiga adalah karena kerusakan pada mainboar atau module pcb.


Saya akan merincinya satu-persatu untuk memberikan penjelasan yang lebih detail kepada anda. Dan berikut ini apa saja yang membuat mesin cuci 1 tabung tidak bisa membuang air.

1. Motor Drain Rusak

Motor drain merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk membuang air pada mesin cuci 1 tabung. Bekerja dengan cara menarik kaitan pada seal pembuangan air di mesin cuci. Alat ini berfungsi pada saat proses pembilasan dan pengeringan.

Jika motor drain rusak maka pembuangan air tidak akan keluar karena alat ini tidak bekerja menarik tuas seal pembuangan. Untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengganti motor drain yang rusak dengan yang baru. Karena jujur saja saya belum pernah memperbaiki motor drain, biasanya hanya menggantinya saja.

2. Pembuangan Mampat

Pembuangan yang tersumbat biasanya disebabkan oleh masuknya kotoran dan benda asing seperti sisa kertas, kancing baju dan uang koin. Untuk kertas biasanya menumpuk pada sistem pembuangan, kertas ini menumpuk setiap hari untuk waktu yang lama, sehingga pada saat sisa kertas menumpuk akan membuat sistem pembuangan tersumbat.

Biasakan melakukan pemeriksaan pada kantong baju dan juga celana untuk memastikan sudah tidak ada lagi kancing,koin dan sisa kertas. Agar benda-benda tadi tidak masuk kedalam sistem pembuangan mesin cuci.

Untuk mengatasi ini anda bisa membuka bagian tempat seal pembuangan berada, biasanya pada posisi bawah mesin cuci. Bersihkan sisa-sisa kotoran dari instalasi pembuangan agar air kembali lancar.

Baca juga : mengatasi pembuangan air yang tidak keluar pada mesin cuci 2 tabung

3. Mainboard Module Pcb Rusak

Nah ini nih yang menurut saya paling sulit, pembuangan air tidak keluar disebabkan oleh mainboard module pcb yang rusak. Sebenarnya tidak semua komponen module yang rusak, namun biasanya pada bagian yang terhubung ke motor drain saja yang mengalami masalah. Jika sudah begini sebaiknya anda meminta bantuan pada tukang service mesin cuci yang telah berpengalaman. Karena akan sangat sulit memperbaikinya, karena harus membuka bagian rangkaian kelistrikan pada mainboard.

Nah itu tadi beberapa penyebab yang membuat air pembuangan pada mesin cuci 1 tabung tidak keluar. Mungkin anda punya pengalaman lain yang bisa anda bagikan di kolom komentar ? silahkan berbagi.

Semoga tulisan ini bermanfaat.


Related : Penyebab Apa Saja Yang Membuat Mesin Cuci 1 Tabung Tidak Bisa Membuang Air